Thursday, October 20, 2011

Awas Tuli! Lebih Baik Maksimal Gunakan Earphone Setengah Jam


TRIBUNNEWS.COM - Mendengarkan musik dengan headset, earphone atau alat sejenisnya memang mengasikkan. Bisa sambil santai, membaca atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Tetapi tanpa disadari ada efek negatif yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut.

Earphone
Jika mendengarkan dengan frekuensi suara yang tinggi, yaitu bisa menimbulkan trauma suara yang berlanjut. Dan karena suaranya yang cukup keras bisa merusak sel-sel syaraf pendengaran.
Memang pada awalnya tidak ada gejala yang ditimbulkan. Namun jika diperiksa dengan audiometri maka dapat dilihat kerusakan sel-sel syaraf pendengaran tersebut. Lebih lanjut akan menimbulkan suara mendenging pada telinga. Lalu biasanya disertai dengan sakit kepala.
Jika kerusakan sudah terbilang parah (pemakaian headset dalam jangka waktu lama), maka bisa menyebabkan ketulian pada syaraf pendengaran.
"Karena itu sangat tidak disarankan menggunakan headset dalam jangka waktu lama. Maksimal setengah jam saja," kata dr Hanggoro SpTHT, Spesalis Telinga Hidung Tenggorokan.
Namun tergantung dari frekuensi suara yang didengar. Jika sangat keras maka sebaiknya kurang dari setengah jam. Segera istirahatkan telinga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel syaraf pendengaran. 

No comments:

Post a Comment