Wednesday, October 12, 2011

Ih Mulut Bau Setelah Makan Mi Instan


TRIBUNNEWS.COM - Makanan dan minuman seringkali berpengaruh pada bau mulut. Tidak hanya  jengkol, petai, durian, ternyata ada juga bau mulut yang dipicu mi instan.

Makan mi instan

Dokter gigi spesialis orthodonti drg Eka Erwansyah MKes SpOrt, mengatakan makanan memang menjadi salah satu faktor penyebab bau mulut.
"Pada orang-orang tertentu, memang ada yang langsung terpicu saat mengonsumsi mi instan, mulutnya bau," jelas dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin ini.
Bau mulut juga bisa karena faktor diet dan kebiasaan. Faktor kebiasaan misalnya: merokok, minuman beralkohol, kopi.
Kenalilah penyebab keluhan Anda dan tangani sesuai penyebabnya.Cara menghilangkan Bau mulut sangat tergantung pd faktor penyebabnya.
Sementara faktor lokal misalnya: gigi berjejal, karang gigi, gigi berlubang, kantong gusi, tambalan gigi yang jelek, gigi palsu dg disain atau bahan yang buruk dapat menyebabkan bau mulut. Jika kondisi ini ada, walaupun sering sikat gigi, tetap saja terjadi bau mulut.
Jika kondisi lokal semua bagus, bisa jadi ada faktor sistemik misalnya gangguan pencernaan, gangguan hormonal, gangguan pernapasan, alergi dll. Ini perlu konsultasi dg dokter ahli bidang lain seperti penyakit salam dan THT.

No comments:

Post a Comment