Monday, October 17, 2011

Anda Batuk Saat Malam Hari? Kenali Penyebabnya


TRIBUNNEWS.COM - Merasa baik-baik saja di siang hari, namun selalu terserang batuk mendadak di malam hari dalam kurun waktu yang lama. Coba perhatikan mungkin salah satu dari lima hal ini penyebabnya:

Ilustrasi

Asma
Kebanyakan orang dengan asma lebih sering mengalami batuk kering, dan tak sedikit di antaranya menyerang saat Anda tidur, jadi segera periksakan ke dokter, mungkin asma Anda semakin parah.
Sinusitis
Jika tidak asma, hidung tersumbat yang kronis bisa jadi pelakunya. Ketika hidung Anda tersumbat dengan lendir dan menetes ke bagian belakang tenggorokan Anda (pasca nasal drip) pasti menyebabkan rasa menggelitik yang menjengkelkan.
Konsumsi obat
Jika sedang menjalani pengobatan tertentu batuk kering bisa menjadi salah satu efek sampingnya. Jadi, tanyakan pada apoteker Anda mengenai batuk yang dapat disebabkan oleh salah satu obat yang Anda konsumsi.
Refluks asam
Jika tidak asma atau sinusitis, kondisi medis lain yang dapat menyebabkan batuk pada malam hari adalah penyakit refluks asam. Ketika Anda berbaring, asam di perut Anda yang menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit maag juga bisa mencuci ke paru-paru. Jika Anda terganggu, cobalah untuk makan makanan ringan sebelum tidur, dan mengangkat kepala Anda setidaknya enam inci ketika Anda tidur. Jika ini tidak membantu, konsultasikan kepada dokter Anda.
Kekurangan zat besi
Jika tubuh Anda rendah zat besi, pembengkakan dan iritasi pada bagian belakang tenggorokan bisa menjadi salah gejalanya, ini tentu akan membuat Anda batuk. Jika ini mulai mengganggu coba konsultasikan pada dokter atau konsumsi suplemen zat besi. (sehatnews.com)

No comments:

Post a Comment