Monday, November 28, 2011

Disengat Tawon? Segera Cuci Darah

TRIBUNNEWS.COM - Ada beberapa kejadian yang membuat seseorang harus cuci darah, namun hanya berlangsung sementara saja. Ini terjadi setelah disengat lebah atau tawon atau digigit ular.


Menurut dr JF Mukidjan SpPD jika fungsi ginjal yang sudah menurun, mau tidak mau seseorang harus melakukan cuci darah.
Jika dipaksakan tidak dilakukan akan berakibat lemas, sesak napas, mual serta beberapa fungsi organ lainnya akan rusak. Dan tentu saja jika dibiarkan penyakit akan bertambah parah.
Banyak penyebab fungsi ginjal menurun sehingga harus dilakukan cuci darah seperti darah tinggi, diabetes dan terkena virus.
Pada kasus ini, fungsi ginjal benar-benar tidak berfungsi lagi sehingga harus dilakukan cuci darah seumur hidup.
Namun, jika ginjal mengalami penurunan fungsi namun hanya akut (spontan) saja, seperti karena disengat tawon, digigit ular, kelelahan, diare hebat, hotstroke, sampai kehamilan preeklamsia bisa dilakukan cuci darah sementara saja.
"Kalau setelah disengat tawon atau digigit ular tetap lemah dan setelah diperiksa ternyata gagal ginjal akut harus cuci darah. Biasanya paling lama 6 bulan saja. Jika setelah 6 bulan tidak sembuh biasanya fungsi ginjal benar-benar tidak bisa berfungsi dan mau tidak mau jadi seumur hidup," ujar dr Mukidjan yang ditemui di sela-sela gathering bagi pasien hemodialisa di RS Premier Jatinegara, Sabtu (19/11/2011)

2 comments:

  1. Waduh... :( Gawat... =="
    Tapi...
    Mengapa tawon bisa menyengat manusia? :D
    kalau lebah karena melindungi madunya, kalau tawon apa alasannya? :o

    ReplyDelete