Wednesday, November 9, 2011

Saat Maag Menyerang Pilih Menu Ini

TRIBUNNEWS.COM - Tidak dapat dipungkiri lagi, sindrom dispepsia atau sakit maag merupakan masalah utama dari saluran cerna yang paling banyak dikeluhkan. Dr. Fatimah Eliana Taufik, SpPD memberikan petunjuk pola makan bagi penderita maag. Petunjuk ini sekaligus bisa digunakan sebagai menu untuk Anda yang ingin berdiet.

Ilustrasi

* Mengonsumsi roti tawar, bubur ayam, susu dan jus yang tidak asam baik sebagai menu sarapan pagi penderita maag. Hindari sarapan yang tidak terlalu berat seperti nasi uduk, nasi atau mi goreng, dan segaja jenis gorengan terkecuali ayam dan tempe goreng.
* Setiba di kantor, jangan langsung minum kopi, ada baiknya makanlah snack (roti tawar atau kue dan buah) terlebih dahulu sambil ditemani secangkir teh hangat. Tujuannya supaya pada jam 12.00 perut tidak terlalu terasa lapar.
* Saat makan siang antara pukul 12.00-13.00, penderita sakit maag tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang bersantan atau gorengan.
* Sebelum pulang ke rumah, sekitar pukul 15.00 makanlah kue atau bisa juga snack kering terlebih dahulu, jangan yang berupa cokelat. Jika Anda ingin makan cokelat, pastikan perut sudah terisi.
* Sesampainya di rumah lanjutkan dengan makan malam pada jam 19.00. Sebelum tidur pun, bagi mereka yang menderita sakit maag berat dianjurkan minum susu atau makan roti secukupnya

No comments:

Post a Comment