Thursday, November 17, 2011

Berjemur Cukup 30 Menit


TRIBUNNEWS.COM - Dokter spesialis kulit Laksmi Duarsa mengatakan sinar matahari sebenarnya sangat baik untuk tubuh yang memerlukan vitamin D, tapi cukup 30 menit pada pagi hari dan hanya tangan serta wajah yang terpapar matahari.
Sinar matahari (UV-B) yang berlebihan dapat mengakibatkan  penuaan dini, tumor kulit hingga kanker kulit. Saat ini meningkatnya kanker kulit disebabkan sinar ultraviolet yang berlebihan karena lapisan ozon yang menipis.
Kerusakan lapisan ozon karena berbagai penggunaan bahan kimia seperti Cloroflorcarbon (CFC), klorin dan atau bromin. Bahan-bahan kimia tersebut ditemukan pada barang-barang yang biasa dipakai setiap hari seperti AC, hairspray, busa, pendingin dan sebagainya.
"Karena dampaknya yang sangat besar bagi kesehatan kulit, maka kita perlu menjaga agar lapisan ozon tidak rusak," tambah Laksmi.
Di samping itu, ujar Laksmi, untuk menjaga agar terhindar dari kanker kulit, dapat menggunakan pelindung seperti kaca mata, topi, payung, pakaian dan sunblock. Serta menghindari terkena sinar matahari langsung pada pukul 09.00-15.00.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2011/11/17/berjemur-cukup-30-menit




2 comments:

  1. ...==a
    Jadi agaimana kalau orang yang bekerja di pembangunan rumah? Bukannya mereka tiap hari lebih dari 30 menit (berjam-jam) membangun rumah?
    Apa mereka bisa juga kena kanker kulit serta tumor kulit? :(

    ReplyDelete
  2. @mai:
    Ya, bisa dibilang dah resiko kena
    Mereka juga ada peluang terkena resiko itu
    Mungkin sebaiknya pakai pakaian yang bisa lindungi dari sinar matahari untuk mengurangi peluang resikonya

    ReplyDelete